0

New Seven Wonders

Posted by Riski Muhammad on 11/11/2012 04:28:00 PM
Hutan Amazon (Brazil), Halong Bay (Vietnam), Iguanazu Falls (Brazil, Jaju Island (Korea), Puerto Princesa Underground River (Filipina), Table Mountain (Afrika Selatan), dan Pulau Komodo (Indonesia). Merupakan deretan ketujuh keajaiban dunia kategori alam atau lebih dikenal "New Seven Wonders of Nature". Tepatnya setahun lalu pada 11 November 2011, Taman Nasional Komodo (TNK) yang terdiri dari Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Komodo  dan sejumlah pulau-pulau kecil lainnya ditetapkan sebagai Tujuh Keajaiban Dunia.
    TNK memiliki luas 1..817 km persegi yang memiliki daratan dan laut yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur(NTT). Wilayah daratan yang terdiri dari hamparan savana dan beberapa hewan dilindungi, serta perairan laut memiliki pesona terumbu karang yang tak kalah pesonanya. TNK sendiri dapat dijangkau dengan perahu motor dari Labuan Bajo, Manggarai Barat selama empat jam.
   Komodo (veranus komodoensis ) atau Komodo Dragon hanya hidup liar di Indonesia. Mereka hidup disejumlah pulaudan terbanyak berada di Pulau Rinca sekitar 2.300 ekor, dan beberapa lainnya di pulau-pulau kecil sekitar taman nasional.
     Reptil Purba ini ditemukan pada tahun1911 oleh JKH Van Styen ( Belanda ). Dan selanjutnya ketenaran pulau komodo di kenal di berbagai Negara dengan sebutan Komodo Dragon. Hingga pada tahun 1986 Taman Nasional Komodo diangkat menjadi 'A World Heritage Site and Man and Biosphere Reserve" oleh UNESCO.


     Komodo adalah makhluk besar yang menyerupai kadal raksasa dengan panjang 2 hingga 3 meter dan berat mencapai 165 kg. Hewan predator ini memiliki bakteri mematikan yang terdapat pada air liurnya. Ada 60 bakteri dan dua bakteri mematikan. Bakteri ini bekerja selama 2 minggu untuk melumpuhkan hingga mati hewan yang telah dimangsa atau digigit hewan reptil raksasa  ini.
     Komodo yang berada di TNK secara khusus tidak diberi makan oleh pengelola untuk pemeliharaannya. Mereka harus mencari makanan sendiri dan menjadi satu-satunya predator yang memangsa hewan liar yang ada di TNKs. Hewan yang dimangsa biasanya kebau, rusa, burung maupun telur-telur burung yang dieram di bawah tanah.
   Satu-satunya pulau yang berpenghuni warga ada di Pulau Komodo. Masyarakat sekitar yang berbatasan langsung dengan TNK sudah menjadi kerabat dan saling jaga kearifan alam.(Ferdy, Analisa )

|

0 Comments

Post a Comment

Komentar disini !!!

Copyright © 2009 Noterzz Blog All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.